My favorite Animation Movies

Sebagai seseorang yang sejak kecil sangat menyukai film kartun atau anime, bisa dibilang sudah banyak film yang saya tonton. Baik itu versi dari Amerika ataupun Jepang. Kedua negara penghasil film-film kartun yang paling sering saya tonton. Tentu keduanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Kebanyakan film kartun yang saya sukai adalah yang berbau fantasi/petualangan. Film kartun humor suka juga seperti Spongebob yang tolol atau Shinchan yang kelewat sok pinter.

Film bioskop atau serial TV, sudah membekas di ingatan saya sejak, entah kapan, sepertinya sejak saya mulai mengenal TV ketika usia 7 tahunan (Jaman dahulu di kampung saya belum banyak orang yang punya TV loh). Bisa dibilang, saya lebih suka kartun Jepang untuk serial TV. Dulu, film kartun yang selalu saya tunggu adalah Doraemon , Saint Seiya dan Sailormoon. Lalu hadir Dragon Ball (mulai tayang di Indosiar ketika saya kelas 1 SMP – tahun 1995!!!!), Samurai X, Digimon 1,2,3 hingga Digimon Tamer dan Digimon Frontier, Pokemon (sampe sekarang masih ada), Card Captor Sakura, Inuyasha, hingga sekarang yang menjadi favorit saya, Naruto, One Piece dan Bleach. Sayang, saat ini ketiga anime tersebut sudah tidak diputar lagi. Kalopun diputar selalu diulang-ulang dari awal. Untung saya mengikuti komik onlinenya di bacamanga.com atau mangastream.com . Kalo serial TV Amerika, ada Captain Planet (entah tahun berapa itu), Transformers, X Men, dan Aang – The Last airbender.

Ok, itu kalo film seri. Disini saya ingin berbagi top Three film animasi favorit saya. Dan top 3 film animasi pendek favorit saya.

1. The Iron Giant (1999, Warner Bross)

Pasti mengerutkan dahi, film yang mana ya???

Film ini disutradarai oleh Brad Bird (The Incredibles,- yang menang Oscar itu). Bercerita tentang pesahabatan antara seorang anak laki-laki dengan sebuah robot raksasa yang ternyata adalah sebuah senjata yang sangat berbahaya. Yang mana seorang agent pemerintah ingin menghancurkannya. Endingnya sangat mengharukan, bahkan saya menangis karenanya. Yes, this is the first animation movie that made me cry.

Film animasi 2 dimensi ini banyak menuai pujian oleh kritikus, namun sayang dia jeblok di pasaran.

The Iron Giant

The Iron Giant

2. UP (2009, Disney-PIXAR)

Film yang satu ini juga menang Oscar sebagai film animasi terbaik. Selain emang gambarnya yang bagus. Ceritanya juga cantik. Dan semua pasti setuju, bahwa opening scenes dari film ini adalah yang paling indah. Tanpa dialog, hanya diiringi music. Bercerita bagaimana Mr and Mrs. Frederikson berteman sejak kecil hingga akhirnya mereka menikah, saling menyayangi dalam kesederhanaan hingga tua. Saling mencintai hingga terpisah oleh takdir. Dan yang menjadi motivasi cerita film hingga akhir, adalah impian Mrs. Frederikson ke Amerika Selatan.

UP

UP

3. How to Train Your Dragon (2010, DreamWorks)

Film ini saya tonton bersama temen di Medan. Ceritanya bagus, Naganya lucu, hahaha. Tentang persahabatan antara seorang anak muda Viking dengan seekor naga yang harusnya, secara tradisi harus dia bunuh supaya diakui. Namun, dia malah menjadi penunggang Naga pertama di desanya. Ntah kenapa juga saya sangat menyukai film ini. Sudah belasan kali rasanya saya tonton, dan tidak pernah bosan.

How to Train Your Dragon

How to Train Your Dragon

Itu kalo film animasi yang durasinya panjang. Sekarang adalah film animasi pendek yang saya lihat lewat You Tube.

1. Heavenly Appeals (David Lisbe)

Raymond K Hessel sudah sekian lama disiksa di neraka. Setelah cukup menjalani masa hukumannya. Kini waktunya dia naik ke surge. Namun ternyata dia harus berhadapan dengan seorang malaikat yang bertugas menjaga gerbang surga.

Heavenly Appeals

2. Get Out

Film animasi pendek buatan Perancis yang bagus banget. Endingnya benar-benar ga ketebak walau filmnya singkat.

Get Out

Get Out

3. French Toast

Yang ini ga tahu siapa yang buat. Namanya sih French Toast, settingnya ala café di paris gitu.

Pace – nya agak lambat sih bagi saya. Tapi lagi-lagi, endingnya yang bikin “ha?? dan sedikit tersenyum simpul.

French Toast

French Toast

Begitulah, Itulah film-film animasi favorit saya. Dari sekian banyak film animasi yang juga saya sukai.

About Rochman LJ
Geminian, Suka Makan, Nonton, Jalan - jalan

Leave a comment