Mie Pangsit atau Pangsit Mie Ayam?

Bagi saya, ada perbedaan antara Mie Pangsit dan Pangsit Mie Ayam. Selama saya hidup ini menggemari aneka mie, saya bedakan antara kedua nama itu.

Pada dasarnya kurang lebih sama, yaitu dengan komposisi mie, sayur, dan daging ayam cincang. Bedanya,:

Mie Pangsit bisa kita jumpai di Malang, saya kurang tahu apakah di kota lain juga ada yang serupa. Mie Pangsit di Malang, yang dijual di rombong, didorong mas- mas atau warung kaki lima, biasanya menggunakan sayur Sawi hijau yang ikut dimasak bersama mie, atau ada yang menggunakan daun selada keriting. Penyajiannya, Mie Pangsit, sayur, dan daging ayam yang dicincang disajikan salam satu mangkok. Jika pilihannya kering, ya tanpa kuah. Jika anda suka basah atau nyemek-nyemek (kuah sedikit), kuahnya ya dalam satu mangkok itu juga. Ditaburi bawang goreng, daun bawang cincang, daging ayam, dan kulit pangsit goreng yang renyah.

Sedangkan Pangsit Mie Ayam, secara rasa kurang lebih sama dengan Mie Pangsit. Yang membedakan penyajian dan isinya. Kuah nya dipisah, biasanya ada baksonya. Sayurnya cenderung Selada keriting. Cincangan ayamnya sama. Ada tambahan pangsit basah (Semacam dumpling). Jika anda menginginkan pangsit goreng, biasanya ada harga ekstra.

Hanya ketika di Malang, saya makan mie pangsit versi pertama. Itupun yang dijual mas –mas di rombong keliling kampung. Tapi eh, rasanya enak loh, dengan harga yang jauh lebih murah dari di warung, apalagi di mall. Kalo di warung seperti Cwi Mie Gloria Letjen S. Parman harganya mulai Rp. 10.000an per mangkok, di mas-mas itu Cuma Rp. 3.500 an per mangkok. Dengan tambahan acar dan cabe rawit hijau yang pedas, wuih, mantap.

Kemarin saya nyobain Pangsit Mie Ayam Pak Edy yang ada di jalan Mojopahit, Surabaya. Katanya sih disitu rame dan enak. Dan lumayan cukup ramai. Mejanya ada aja yang ngisi. Di warung kaki lima ini, mie yang digunakan mie besar ala bakmi. Biasanya kan Pangsit mie, mie nya yang kecil-kecil itu. Rasanya lumayan enak. Sambalnya pedas. Jadi yang ga suka pedas, ambil dikit aja buat nambah rasa seru. Kuahnya dipisah dan dapet 2 bakso.

Di warung mie ini juga ada Bakwan. Bakwan di Surabaya seperti Bakso di Malang. Bedanya di isi. Bakwan diisi bola daging (bakso), tahu isi, dan siomay goreng. Pelengkapnya mie bihun atau mie telur. Harga nya sama, satu mangkok Rp. 10.000,-. Bakso di Malang kan lebih komplet isinya. Mantap pula rasanya.

Jika anda ingin menikmati Pangsit Mie ini di tempat, pastikan anda terlindungi dari serangan nyamuk. Ya, seperti halnya warung-warung kaki lima di Surabaya. Nyamuk adalah pengganggu makan malam anda. Secara warung ini berdiri disamping selokan. Tahu kan…

Pangit Mie Ayam Pak Edy, Jl. Mojopahit, Surabaya

About Rochman LJ
Geminian, Suka Makan, Nonton, Jalan - jalan

Leave a comment